Blood For Life


Pernah gak dalam sebuah kondisi sekarat butuh darah tapi persediaan darah di PMI habis atau kita gak ada info siapa saja yang bersedia jadi pendonor dengan golongan darah yang sesuai dengan golongan darah yang kita butuhkan? Ngeri gak sih ngebayanginnya? Ketika nyawa diujung tanduk & kita ga bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkan jiwa yang nyaris putus itu?

Saya? Kebetulan saya belum pernah mengalami kejadian yang berhubungan dengan transfusi darah. Tapi salah satu keluarga saya, yaitu Mama, pernah mengalaminya. Beruntung ketika kondisi krisis ada seorang sahabat baik Mama yang bersedia mendonorkan darahnya. Kalau tidak.. entah apa yang sudah terjadi dengan Mama saya saat itu. Beruntunglah jika Anda belum pernah mengalami kondisi yang semacam itu. Tapi bayangkan jika hal itu terjadi pada keluarga atau orang terdekat Anda. Apa yang akan Anda lakukan? Apalagi jika golongan darahnya termasuk langka, misalnya golongan darah AB.

Oleh karena itulah Blood For Life (BFL) dibentuk. BFL adalah sebuah non profit movement yang murni lahir karena kepedulian kepada sesama. Gratis, tidak ada pengenaan biaya apapun untuk join di BFL, demikian pula dengan pasien yang nantinya kan dibantu, samasekali tidak melibatkan uang sedikitpun. Prinsipnya mailing list ini berfungsi sebagai jembatan bagi pendonor & terdonor. Tidak hanya bagi orang lain yang membutuhkan, jika sewaktu-waktu justru kita sendirilah yang membutuhkan darah itu, BFL siap membantu dengan segala upaya yang ada dengan mengerahkan segenap kesediaan para anggotanya.

Jika mungkin diantara kita banyak yang belum paham syarat untuk melakukan donor darah, berikut persyaratannya :

Syarat-syarat teknis menjadi donor darah :
* Umur 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
* Berat badan minimal 45 kg
* Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
* Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
* Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
* Hemoglobin Perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk pria minimal 12,5 gram
* Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor.

Seseorang tidak boleh menjadi donor darah pada keadaan :
* Pernah menderita hepatitis B
* Dalam jangka waktu enam bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis
* Dalam jangka waktu enam bulan sesudah transfusi
* Dalam jangka waktu enam bulan sesudah tato/tindik telinga
* Dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi
* Dalam jangka waktu enam bulan sesudah operasi kecil
* Dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi besar
* Dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio, influenza, kolera, tetanus dipteria, atau profilaksis
* Dalam jangka waktu dua minggu sesudah vaksinasi virus hidup parotitis epidemica, measles, dan tetanus toxin
* Dalam jangka waktu satu tahun sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies therapeutic
* Dalam jangka waktu satu minggu sesudah gejala alergi menghilang
* Dalam jangka waktu satu tahun sesudah transplantasi kulit
* Sedang hamil dan dalam jangka waktu enam bulan sesudah persalinan
* Sedang menyusui
* Ketergantungan obat
* Alkoholisme akut dan kronis
* Mengidap Sifilis
* Menderita tuberkulosis secara klinis
* Menderita epilepsi dan sering kejang
* Menderita penyakit kulit pada vena (pembuluh darah balik) yang akan ditusuk
* Mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah, misalnya kekurangan G6PD, thalasemia, dan polibetemiavera
* Seseorang yang termasuk kelompok masyarakat yang berisiko tinggi mendapatkan HIV/AIDS (homoseks, morfinis, berganti-ganti pasangan seks, dan pemakai jarum suntik tidak steril)
* Pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan saat donor darah.

Terus, gimana caranya join dengan dengan gerakan? Caranya gampang banget, silahkan kirim email kosong ke blood-for-life@googlegroups.com atau ke http://groups.google.com/group/blood-for-life. Atau jika Anda sekedar mau baca-baca dulu apa sih Blood For Life ini, monggo silahkan klik disini , disana bisa ditemukan dengan lengkap info apa saja tentang gerakan kemanusiaan ini.

Temans, kita nggak pernah tahu kapan datangnya musibah & masalah dengan kesehatan. Dengan bergabung dengan gerakan ini kita telah ikut menyelamatkan sebuah nyawa melalui darah kita.

Blood For Life

2 thoughts on “Blood For Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s