Kok Albumnya Gak Rilis-Rilis, Sih?


 

singing

 

Beberapa hari yang lalu saya ngobrol di YM dengan salah satu sahabat tentang banyak hal. Salah satunya ya tentang album yang gak rilis-rilis, padahal promo di facebook kayanya udah digeber  awal tahun ini deh, tapi kok lagunya 1 pun belum ada yang nongol ya? Ditengah maraknya artis pendatang baru yang bisa dipastikan hampir setiap hari menghiasi layar kaca sampai saya sendiri gak bisa menghafal satu persatu saking banyaknya, dia samasekali belum tampak tanda-tanda mau promo atau muncul dimana gitu. Padahal sekarang ini banyak banget penyanyi solo sampai grup band pada berlomba-lomba ingin mencuri perhatian penikmat musik di Indonesia.

Nah kebetulan teman dekatnya teman saya ini seorang calon artis penyanyi. Soal penampilan fisik ya lumayanlah, suara juga mantap, materi lagu.. err.. saya kurang ngerti spesifikasi lagu yang bisa dijual atau enggak sih ya. Kalau menurut telinga saya yang awam ini ya suaranya enak, lagunya ear catchy. Udah itu aja 😀

Saya : ngomong-ngomong kapan albumnya si Prita (nama saya samarkan) keluar? bukannya promonya udah lama tuh..

Teman : yaa.. bisnis kaya gitu prosesnya lama, darling.. Lagi nunggu RBT-nya jadi

Saya : kirain bisa cepet, kan sekarang juga banyak artis baru. Kayanya bener jadi artis. Kenapa gak rilis album dulu baru RBT?

Teman : Penjualan CD lagi menurun sejak adanya MP3 yang bisa didonwload gratis di internet.. Sekarang aku tanya kamu: kapan terakhir kali kamu beli CD lagu?

Saya : mmh tahun lalu.. CDnya Tompi😀 , ngidam lagunya Belahan Jiwa 😀

Teman : Tuh kan.., ga banyak yang mau beli CD lagu sekarang. Makanya produser-produser itu pada gak berani ngeluarin CD

Saya : trus solusinya?

Teman : ya main di RBT aja..

Saya : tapi kok kenapa banyak penyanyi baru ya?

Teman : iya, emang banyak. tapi kalu kamu lihat penjualan CD-nya ga bagus. Cuma mereka menjadikan  mereka menjadikan penjualan CD itu jembatan menuju nyanyi off air

Saya : promo mereka gencar juga promo di tv : Derings, Inbox & acara-acara sejenis. Trus gimana tuh? kapan rencananya? bukannya promonya udah lama banget tuh? awal tahun ini deh kayanya?

Teman : Gak ah, awal tahun sih, sekitar Maret/April kemaren. Bikin klipnya aja Maret

Saya : masa sih? kayanya dia udah gencar sejak awal tahun deh..

Teman : Produsernya emang agak telat

Saya : Oh yang mas bilang ga bisa kerja itu ya?

Teman :  Iya betul

Saya : mmh.. ga ganti manajer atau apa gitu? ga bisa ya? gak semudah itu?

Teman : Gak semudah itu. Soalnya disini Prita cuma nyanyi. Sementara lagunya diproduksi oleh label. Jadi dia yang harus nunggu. Jadi kalau labelnya lama, ya berarti dia kena ikut lama juga, soalnya bukan pakai biaya sendiri

Saya : Ooh gitu.. Trus kesibukannya sekarang apa?

Teman : Kesibukannya.. mmh, gak ada sih

Saya : lah.. kasian dong ga ada kegiatan apa-apa?

Teman : Ya.. sementara ini sih nunggu RBT-nya keluar. Paling nunggu klipnya tayang di Dashyat. Ya begitulah penyanyi

Saya : kupikir gampang jadi penyanyi..

Teman : Tapi kalau dia udah dikenal, dan nyanyinya bagus, penghasilannya dari off air bisa gedhe lho..

Saya : Oh ya? Hmm…aku banyak ngelait penyanyi sekarang kesannya banyak yang jual tampang. Atau sebelumnya emang udah artis trus melebarkan sayap jadi penyanyi.. Aji mumpung gitulah..

Teman : Ya betul.. begitulah, persaingan sangat ketat & kebetulan Prita itu nyanyinya bagus, hanya sayang dia gak punya modal untuk bikin album sendiri. Akhirnya ya begini ini, tergantung label. Sementara label gaak mau gambling ngeluarin album kalo tau pasar penjualan CD lagi lesu kaya gini.. Sementara banyak label mau memproduksi penyanyi yang bawa modal sendiri..

Saya : Oh yaaa.. Pantes.. Eh emang disambi nyanyi di kafe gitu ga boleh ya? Ya kan biar ada kesibukan gitu..

Teman : gak bolehlah..

Saya : weks? emang ada klausa yang menyebutkan itu juga?

Teman : iyalah..

Oh ternyata jadi penyanyi yang beneran itu ga gampang, sodara-sodara. Buktinya temannya teman saya itu yang notabene pernah jadi juara pop singer aja masih keteteran gitu albumnya gak keluar-keluar. Lha gimana yang modalnya cuman fisik doang ya? Ah, jangan-jangan karena bawa modal sendiri jadinya lebih cepet albumnya keluar? Hmm.. Ya begitulah namanya dunia showbiz. Ga sesimpel yang kita bayangkan. Belum tentu artis yang bener-bener qualified itu di-support penuh oleh pihak label. Yang sudah bawa modal sendiri yuk mari sini dibantu dengan senang hati. Kalau yang ga bawa modal sendiri? Err.. misi.. mo ngupi dulu.. eh tapi kamu boleh rekaman kok. Soal distribusi? Mmmh, tar yah.. saya itung dulu untung ruginya buat saya..

hehehhe.. kidding you😉

 

gambar ngambil disini

Kok Albumnya Gak Rilis-Rilis, Sih?

4 thoughts on “Kok Albumnya Gak Rilis-Rilis, Sih?

  1. Iya klo nyanyi biar jadi terkenal, komersial, dan yg sejenisnya emang susah mbak…
    Makanya saya gak jadi penyanyi.. (hahahahaha)….

    Klo saya nyanyi, beberapa reaksi kawan saya adalah: hahahah, suaramu lucu… tinggian re daripada la, atau ada yg tutup kuping, ada yg berekspresi serasa sedag menonton humor musikal di tipi, dan…. itu sudah cukup bagi saya untuk menyanyi… hehehehhe

    1. hahahahah, samaaa.. eh bedanya suaraku masih diakui, diajak ngeband ma temene-temen SMA tapi sekarang kalo suruh nyanyi lagi.. makasiiiihhh.. mending jangan aku deh..:mrgreen:
      *nunjuk lainnya*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s