Akhirnya prajabatan juga..


Akhirnya saya pulang juga ke rumah setelah menjalani diklat prajabatan selama satu minggu di Pusdiklat BPS di Jl. Jagakarsa 70 Lenteng Agung. Tapi belum sepenuhnya pulang juga sih karena besok sore saya masih kembali lagi ke Pusdiklat karena hari Senin ujian. Doakan saya ya m/😀. Okelah kalau begitu, berhubung oleh-oleh cerita saya cukup banyak, jadi ya akan saya bagi dalam beberapa tulisan ya..🙂

Iya jadi ceritanya saya & teman-teman Sekretariat Negara wajib mengikuti diklat prajabatan CPNS disana bersama teman-teman dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg), Kementerian BUMN, dan Badan Standardisasi Nasional (BSN). Mulai tanggal 31 Mei 2010 s/d 8 Juni 2010. Karena acaranya cukup padat sehingga kita diwajibkan menginap di asrama. Seneng sih karena yang tadinya kita hanya kenal teman-teman dari 1 instansi saja akhirnya bisa kenal dengan teman-teman dari 4 instansi lainnya. Jumlah seluruh peserta diklat adalah 40 orang, dan ya baiklah..semua usianya dibawah saya, sayalah kepala sukunya ;)) *nari hula-hula*.

Selama di asrama kami tinggal sekamar 3 orang. Kebetulan sih saya sama teman yang masih satu instansi. Itu pun juga awalnya saya masih buta dengan karakter mereka. Ya iyalah namanya juga jarang ketemu & berinteraksi karena kita tersebar di berbagai biro. Tapi lama-lama sih akhirnya satu persatu ketahuan karakter aslinya. Ternyata..”wow” dan ajaib-ajaib semua ;)).

Hari pertama, seperti biasa pasti ada sesi pembukaan diklat. Kami masih jaim satu sama lain. Kalau pun toh kita nggak jaim ya sama teman-teman satu instansi. Untuk mengakrabkan 4 instansi berbeda ini biar nggak nge-gap, akhirnya kita diublek-ublek, dipecah sana-sini, duduk dipisah-pisah & disuruh mengenal nama teman-teman sebelah kiri kanan, depan belakang & nanti akan ditanya oleh panitia. Dengan daya ingat yang minim kita mulai mencoba mengenal satu persatu teman sebelah kiri, kanan, depan, belakang. Dan hasilnya..yak kita hafal dong. Awalnya doang tapi ;)) , karena begitu keluar ruangan kita udah tanya lagi, “eh sori, tadi siapa namamu?” :)).

Hari pertama sudah langsung diberi tugas mengarang indah dengan tema “Dahulu, disana ada negara bernama Indonesia”. Tugas ini berkaitan dengan materi Wawasan Kebangsaan. Duh, dejavu banget nggak sih sama materi Wawasan Kebangsaan ini? Kayanya dulu banget saya sudah pernah dapat materi ini, tapi ya gitu deh.. udah dulu banget🙂.

Tugas ini alhamdulillah lancar, karena kan saya kebetulan suka nulis jadi ya begitulah ;)) (apa sih?). Maksudnya ide tentang tema itu sudah siap ditulis seketika si bapak ngasih tugas itu ke kami. Nantilah kapan-kapan kalau pas saya lagi nggak ada bahan tulisan saya share disini tulisannya😀.

Hari-hari selanjutnya (terutama hari kedua & ketiga) masih lumayan menyenangkan karena materinya masih bermain & pengenalan teman😀. Jadi ya masih berasa fun-nya. Tapi ketika sudah mulai masuk ke materi yang berat-berat, nah mulai deh tuh yang namanya kejenuhan & mata ngantuk bertebaran di kelas ;)). Saya yang beberapa kali memergoki teman saya dalam berbagai gaya aneh sampai nggak bisa menahan tawa ngikik ;)).

Saya sih pernah ngantuk, sekali doang, tapi saya usahakan mata harus tetep melek. Lah pegimane ceritanya tuh? Caranya dengan menggambar ;)). Iya, menggambar ini misalnya :

Asli, ini saya lagi usaha buat menghilangkan kantuk berat sodara-sodara :((. Daripada saya kualat jadi bahan cekikikan mending saya berjuang menahan kantuk dengan menggambar! Toh pas selesai kelas saya juga ngeliat kertas bapak asisten widyaiswara yang duduk di belakang juga menggambar.. errr..wanita berjilbab, entah siapa, kayanya sih salah satu dari kami :)).

Kalau soal foto-foto dan cekikikan yang lain sih nggak perlu dibahas. Karena kami semua kadar lucunya hampir sama. Rekan sejiwa, lucu aja ketawa melulu kalau bareng mereka. Guyonannya nyambung😀. Satu lagi, ngangenin gitu..

Jadi ya..begitu dulu ya ceritanya. Nanti disambung lagi. Lhah, kok malah kaya nulis surat ;))

[devieriana]

 

dokumentasi pribadi

Akhirnya prajabatan juga..

4 thoughts on “Akhirnya prajabatan juga..

  1. jadi bayangan prajab dulu sebelum prajab skarang ini seperti apa mbak ? diplonco seperti mahasiswa baru gitu ya? hahahaha… :))

    hmmm…punahnya Indonesia ? apa bakal seperti kisah hilangnya benua atlantik ? ditunggu ya cerpennya🙂

    oh ya, slamat menikmati masa-masa prajab

  2. devieriana says:

    prajab sekarang itu wenak banggets.. Sempet sih ngebayangin bakal begini, begitu. Ternyata pas sampe sana, owalah, biasa aja, kaya training-training yang aku pernah ikuti sebelumnya hanya saja kita mesti nginep. Udah itu aja sih..😀

    Tulisan itu, hihihi, tarlah aku publish kalo pas lagi nggak punya ide ;))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s