Berpernak-pernik atau Rapi?


Dari dulu mulai kerja di swasta sampai sekarang jadi pegawai negeri yang namanya meja kerja saya selalu standar. Nggak ada barang lain selain kerjaan yang bakal nongkrong disitu, padahal space-nya cukup luas & seharusnya bisa dipajangi pernak-pernik yang sifatnya pribadi, macam foto, pigura, atau mainan-mainan lucu. Tapi nggak tahu ya, saya mikirnya kepentingan saya disitu cuma kerja sih, jadi nggak pernah bercita-cita bakal memajang sesuatu yang nggak ada hubungannya sama kerjaan. Belum lagi kalau kerjaan saya lagi banyak, meja saya yang dulu bisa berbentuk kaya begini :

* meja kerja saya yang dulu *

Kadang suka tiba-tiba pengen & gemes juga liat meja teman yang banyak pernak-pernik lucunya kaya pigura, mainan meja, tumblr (tempat minum) yang semuanya sewarna, satu tema & warnanya cerah. Pernah ada tuh yang isi mejanya full sama pernak-pernik lucu berwarna-warni itu, dan semuanya berwarna orens. Ada juga yang isi mejanya hampir sama tapi warnanya semua ungu. Pas saya lihat ke bawah meja, ada sendalnya ungu juga.. ;)). Sampai-sampai saking banyaknya pernak-pernik yang dipajang diatas meja & CPU yang diletakkan di meja itu hanya menyisakan space kecil seukuran mousepad hanya untuk biar mousepad-nya bisa digerakkan😮. Ini sebagian meja kerja yang sempat saya abadikan :

*cluster-cluster yang full pernak-pernik*

Ada lagi yang lebih lucu. Temen kantor saya yang dulu saking ngefans-nya sama action figure Spiderman meja kerjanya dipenuhi sama boneka-boneka kecil Spiderman. Sampai tumbler & sendalnya pun bercorak sama. Masih ada lagi & kali ini lebih ekstrem, dia punya hewan peliharaan kura-kura. Saking sayangnya sama kura-kura peliharaannya itu dibawalah ke kantor & diletakkan diatas meja. Katanya, “kura-kuraku ini bisa membantu menghilangkan stress lho..”. Oh ya, jadi penasaran jangan-jangan kura-kuranya juga bisa mijit atau ngrimbath gitu. Sampai sempat mikir, “ini meja kerja apa pet shop ya?” ;))

Tiap orang pasti beda-bedalah dalam usahanya menciptakan kenyamanan di ruang kerja. Mungkin salah satunya dengan meletakkan beberapa benda pribadi & penggunaan warna-warna cerah untuk membangkitkan mood, dan katanya sih memang “ngaruh”.

Pernah sih saya iseng nanya & jawabannya panjang ;)) :

saya : “kenapa sih meja kerjanya “meriah” gitu? Kalau ada berkas kerjaan yang numpuk nanti ditaruh mana?”

teman : “Kalau aku ya, dimana pun aku kerja harus bisa kuciptakan kondisi yang senyaman mungkin. Ya kan kita kerja pengennya juga nggak cuma sehari dua hari doang kan? Makanya aku mesti bikin gimana caranya ruangan atau minimal meja kerjaku bisa bikin mood kerjaku selalu bagus. Nah salah satunya ya kasih pigura-pigura, vas bunga, tumblr, pernak-pernik yang lucu kaya begini. Ya emang sih nggak ada hubungan sama kerjaan, tapi ternyata itu berhasil bikin moodku semangat. Kalau ada berkas-berkas? Gampang, tinggal tarik kursi, taruh deh berkas-berkasnya disitu😀. Kalau nggak cukup ya nanti taruh aja bawah. Itulah kenapa selalu aku usahakan nggak ada berkas yang numpuk. Soalnya nanti bisa mengganggu kelucuan meja kerjaku dong ;))”

saya: “Ya..ya.. lebih penting menjaga kelucuan display meja emang sih ya..” ;))

Tapi meskipun sudah pernah saya coba saya malah nggak bisa kerja kalau terlalu banyak pernak-pernik di meja kerja saya, apalagi kalau ada toples berisi makanan. Bakal nggak konsen kerja malah makan melulu, soalnya sudah sering terbukti ;)). Apalagi kerjaan yang sekarang banyak melibatkan dokumen penting yang nggak boleh ada kotoran sedikitpun. Ya masa dokumen bertanda tangan pejabat negara kena minyak? Makanya di meja saya cuma ada tempat minum aja. Itupun isinya air putih. Ih pokoknya meja kerja saya standar banget deh.

*meja kerja saya yang sekarang*

Ya nggak tau juga kali ya, kalau mungkin suatu saat nanti saya berubah pikiran pengen “menghias” meja kerja saya jadi lebih colorful dengan pigura, tumblr, tempat alat tulis, atau.. karpet mungkin? Halah, niat banget bawa-bawa karpet. Jangan-jangan nanti lama-lama saya bawa kasur sama selimut gambar tweety ;)). Hmm, tapi serius nih, kok jadi memikirkan item apa aja yang bakal saya pajang di meja kerja saya itu yah 8->

Bagaimana dengan meja kerja kalian?😉

[devieriana]

Berpernak-pernik atau Rapi?

26 thoughts on “Berpernak-pernik atau Rapi?

  1. kalo di kantorku dev, ada 5R/S. Jadi sistem ini dijalankan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja, karena kalau meja kerja/ruangan rapi, tertata akan lebih memudahkan kita dalam bekerja. jadi di mejaku ini cuma monitor, printer, kalender, tempat minum, agenda, odner (lohhh kok banyak hehehe).. yang memang sehari2, kalo penggunaanya jarang, ada tempat sendiri🙂

  2. meja kerjaku donk, berantakan penuh kertas berserakan, 1 mug, 1 tumbler, beberapa ordner, di dindingnya banyak tempelan post-it, di bawah meja ada 2 pasang sepatu dan sepasang sendal jepit, sama 1 sleeping bag, buat jaga-jaga kalau nginep😀

    eh katanya kalau meja kerja cowok berantakan itu berarti bagus, banyak kesibukan, lain halnya kalau meja cewek yang berantakan, malah dikatain ndak rapi sampe-sampe bisa dikatain pemalas, hihihi…

    mbak, kalau ada temen sampeyan yang bawa kura-kura, sampeyan juga bisa kan bawa trenggiling ke kantor ? :))

  3. aturan di tempat saya kerja malah gak boleh banyak naruh barang di atas meja, harus yg rapi…minimalis ;))

    dan untungnya sy jg gak suka naruh pernak pernik lucu dan imut di meja, malah takut jatuh klo kesenggol, soalnya sy kalo kerja tangannya suka klayapan gak jelas :))

  4. kalau aku sih dibuat senyaman mungkin.. gak perlu pernak pernik banyak.. asal kebutuhan2 tertentu seperti tisue and kopi ada itu aja dah cukup.. yang paling penting sih bersih and rapih..😀

  5. widyas says:

    Meja kerja saya, kayak meja kerja mbak Dev yang dulu,,hehe,,penuh berserakan kertas..berantakan sangat, bahkan rekan kerja sebelah yang cowok saja lebih rapi..kadang eneg liat meja saya, dia rapikan tu kertas2..tapi malah bikin saya stres T_T..karena seberantakan apapun meja saya..saya berhasil menemukan yang saya butuhkan..kalau dipindah dan dirapikan orang lain…saya gak bisa nemuin..T_T

  6. devieriana says:

    @Kika : sama Kika.. aku kalau kebanyakan barang jadi bingung sendiri. Secara aku kalau kerja berantakan dulu baru ditata satu-satu😀

  7. devieriana says:

    @clingakclinguk : oh gitu ya? teorinya emang gitu ya? ;)). Kalo temenku bawa kura-kura aku mau bawa menjangan boleh gaaa? Mau tak iket di kolong meja gitu ;))

  8. devieriana says:

    @cake lover : di tempat kerjaku yang dulu kalau di callcentrenya sama, nggak boleh bawa apa-apa, yang di meja cuma PC & callmaster aja. Kalau di meja kerjaku sendiri ya cuma tumbler, PC sama CPU plus kalender. Udah😀

  9. devieriana says:

    @cefer : tissue aku malah nggak punya. Bawa sendiri, taruh di tas😀. Kalau kopi sih selalu ada di laci. Tumblernya pun tertutup🙂

  10. devieriana says:

    @widyas : hihihihi, iya ada sih yang kaya gitu. Kita yang tahu letaknya, dipilah-pilah, emang kesannya berantakan, tapi kalau dirapiin sama orang lain malah bingung kalau mau nyari lagi ;))

  11. devieriana says:

    @imadewira : oh ya? wah aku malah baru tahu dari dirimu kalau topiknya sama kaya di tehsusu.com. Aku juga baru tahu situsnya hari ini, hehehe ;)). Ya kalau kesamaan topik mah wajar atuh, selama itu berbeda samasekali dari gaya penulisan & intinya nggak memplagiasi karya orang lain ya gapapa🙂. Cari aja topik yang kaya gini di blog lain pasti juga banyak😉

  12. Nophie says:

    Meja kerja saya saat ini..ampyun deh..
    berantakan😦 soalnya deadline laporan buanyak..Hukks..
    jadinya kertas menari-nari di daun meja (diiringi lagu dangdut :D)
    pada dasarnya saya suka rapi, tapi ga kaku..bolehlah kalo ada kalender duduk, gelas, post it yang menempel dll asal tetep artistik..jiiahh..
    gimana pun rupa meja kerja kita, yang penting nyaman buat kerja..ndak ganggu mood🙂

  13. Meja saya ancur..sumpah ancur..banyak noda kopi, bukan karena tumpah sih, tapi karena pantat gelas yang kadang kotor, trus kadang saya croboh narok solder mingsih panas langsung di meja, jadi ada item2 kek kebakar..itu belon kalok ada pc2 server yang saya tarok di meja trus ngambilnya saya seret, jadi kaki2nya mbikin baret di permukaan meja..ini saya baru ganti meja 2 bulan yang lalu, tampang meja saya udah kek seumuran Adnan Buyung Nasution. Kadang saya masih mengakuisisi meja kursi yang seharusnya buat ketemuan kalok ada tamu. petugas CS di kantor saya kadang bingung kekmana mbersihin kantor saya. Untung letak kantor saya di ujung gedung, jadi gak malu2in banget. Dikira gudang kali yak

  14. ih kok sama bgt sih, mbak? aku jg sempet kepikiran utk bikin postingan ttg meja kerja.
    tp blm kesampaian. soalnya blm sempet bangun pagi bgt utk motoin meja kerjanya temen2ku.
    hihihi… kan gak lucu aja difoto pas yg punya lg ada.😛

    kalo di kantorku, ada yg lucu jg… beberapa meja ada ikan hiasnya! hahaha…
    katanya sih bisa nenangin pikiran kalo kerjaan lg banyak2nya. aku jd pengen nyoba jg…😛
    so far di meja kerjaku cuma ada berkas2, mukena dan sajadah, juga toples! wkwkwk…
    buatku, kerja sambil ngemil itu malah bikin otak tambah encer.
    dan memang terbukti, bikin badanku menggemuk. tp aku sukaaa… secara aku msh ceking bgt.😛

  15. belum punya meja kerja, tapi meja belajar memang selalu berantakan dan penuh dengan buku. Kalo pernak-pernik pasti ada.. sebangsa foto, kalender meja, sama jam. Hadiah sih.. jadi ga enak kalo ga dipajang😀

  16. kadang kerjaan bikin kita mumet dan stress biar ngusir bete pejengin pernak-pernik kesayangan atau photo dua anak-anakku. Tapi jangan banyak-banyak juga ntar malah ngegaggu kerjaan lagi

  17. wahh jadi pengin bikin postingan tentang meja kerja juga :)) mejaku berantakan! dan penuh dengan buku dan tumpukan kertas2. nanti deh aku tulis hihi, tapi di beberapa sudutnya ada boneka2 kucing loh lucu2 hihih habis kayaknya gak memungkinkan kalo membawa peliharaan kucing saya ke kantor =))

  18. Wulan says:

    Aku belom punya meja kerja sih mbak.. Tapi meja belajar dikamar cuma buat naro laptop sm mousepad, buku2 dan lainnya semua di rak buku. Dan kyknya aku sama kayak mbak devi deh, lebih suka meja yang bersih rapi tanpa pernak-pernik:)
    Anyway salam kenal mb…;)

  19. meja kerja berantakan membuat semangat kerja menurun,
    selain akan membingungkan ketika mencari dokumen akan lebih baik jika ditata dg rapi…
    tapi tetep….yg namanya dokumen….brag…brig..brug….asal taruh aja kalau lagi ngga mood..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s