Marhaban ya Ramadhan..


Alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan bertemu & menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini. Nggak terasa ya, kayanya baru kemarin lebaran, eh sekarang sudah mau lebaran lagi. Eh masih lama ya, puasa aja belum ;))

Kebetulan tahun ini adalah ramadhan ketiga saya bersama keluarga di Jakarta. Sebelumnya saya tinggal bersama orangtua & kedua adik saya di Jawa Timur. Tak banyak berbeda dengan ramadhan & lebaran tahun-tahun sebelumnya, baik di Surabaya maupun di Jakarta. Plus ketika  nanti menjelang lebaran, euphorianya pun juga tak jauh berbeda.. ;)) (puasa aja belum sudah membahas lebaran). Mungkin yang membedakan adalah karena sekarang saya domisili di Jakarta maka setiap tahunnya akan ada tradisi mudik, karena sekarang saya punya rumah yang saya mudikin. Ya walau nggak selalu harus pas lebaran sih, tapi akhirnya saya merasakan yang namanya pulang kampung, merasakan mumetnya cari tiket pesawat, merasakan kangen plus harunya bertemu keluarga & teman-teman. Pokoknya sekarang ada cerita mudiknyalah..😀

Kalau puasa, jadi inget jaman puasa di masa kecil dulu. Standarlah ya, pasti pengalamannya hampir sama dengan kebanyakan anak kecil lainnya. Kalau puasa setengah hari nunggu bedug & adzan dhuhur kayanya lama banget, belum lagi sebelum adzan bunyi berbagai sajian mengelilingi saya. Belum lagi kalau udara panas banget saya iseng buka-buka kulkas buat ngadem, atau mainan air di kamar mandi.

Kalau kejadian lupa puasa itu juga manusiawi, habis main sama temen, pulang ke rumah karena merasa lapar, langsung..nyam..nyam..nyam.. cegluk, cegluk, cegluk.. padahal belum jam 12.00. Tahu-tahu nyadar dan.. mak gleg, “lah kan aku lagi puasa..” :((. Tapi untungnya saya nggak pernah curang sih kalau puasa, kebanyakan karena lupa aja, tapi nggak pernah yang sengaja makan/minum lalu pura-pura puasa lagi & berbuka di jam semestinya😀 *anak baik*

Tarawih pun dulu pas jaman masih “jahiliyah” bukan cuma sekedar shalat & denegr ceramah di masjid tapi karena.. yak benar, ada temen yang saya suka juga shalatnya di masjid yang sama.. :)). Atau karena ada tugas sekolah yang mewajibkan tarawih di masjid karena harus bikin resume ceramah ustadz-nya tentang apa. Nanti dikumpulkan, jadi tugas & tambahan nilai buat pelajaran agama. Kalau dipikir-pikir jaman ABG saya itu kok ganjen ya, padahal pas SD ada yang naksir aja saya nangis, takut, padahal yang naksir ganteng :)) *bodoh*

Menjelang puasa Ramadhan ini, izinkanlah saya memohon maaf, barangkali saya ada salah-salah kata & perbuatan baik yang sengaja maupun tidak.

“Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1431 H ya. Semoga semua amal & ibadah puasa kita selama Ramadhan ini diterima Allah SWT. Amien3x ya rabbal alamien..”

Oh ya, kalian juga punya cerita puasa masa kecil (atau pas masa besar?) juga kan? Boleh di share lhoo..😉

[devieriana]

 

ilustrasi dipinjam dari sini

Marhaban ya Ramadhan..

32 thoughts on “Marhaban ya Ramadhan..

  1. jaman waktu SD dulu nih :)) saya kan gak puasa, nah temen2 muslim yg gak puasa (entah emang gak puasa atau gak kuat dan pengen batalin puasa) pada suka minta tolong beliin jajan ke kantin soalnya malu ketauan temen laen kalo mereka gak ikutan puasa =))

  2. met puasa mbaaa…semoga tambah slimmmmm, tambah sekseeeh, errr…salah bahasan…semoga imannya tambah kuat, tambah sabar, tambah kalem (kalo yang ini sih jangan kali yah), n semoga istiqomah😀

  3. devieriana says:

    @Christin : jyahahaha.. sama tuh, ada juga temen yang kaya gitu. Nitip beli snack ke temen yang nggak puasa, biar nggak disangkain puasanya batal :))

  4. devieriana says:

    @abe : sama-sama Abeee.. Doanya semua aku aminin ;)), termasuk yang tambah kalem.. m/
    Semoga puasa kita lancar & berkah ya Be..🙂

  5. devieriana says:

    @yuyuk : ya namanya juga manusia jeng🙂. Selamat menjalankan ibadah puasa juga ya say.. Semoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT & Ramadhan ini penuh berkah.. Amien..

  6. selamat menunaikan ibadah puasa mbak devi😀

    ah puasa jaman kecil itu emang banyak kenangan ya mbak ;)) saya juga lagi nostalgia nih puasa jaman kecil hihih….

  7. Nophie says:

    wahaha..pengalaman puasa masa kecil dulu seru..dulu ada yang sebarin gosip (kecil2 uda kenal gosip :D) kalo nelen ludah puasanya batal, nah lo..kebingungan melanda, pagimane aye mau ngeludah setiap saat ya?? hahaha..
    Ada lagi..katanya kalo (maaf) kentut juga batal..haha..ga ada dalilnya lo padahal, gitu aku juga percaya😀 alhasil, aku harus menahan angin itu berhembus..hahahhah

    -Met Puasa..Marhaban ya Ramadhan-

  8. devieriana says:

    @ipied : sebenernya sih banyak ya cerita puasa masa kecil, banyak dosanya :)). Puasa juga jeng? Met menjalankan ibadah puasa yaaa..🙂

  9. devieriana says:

    @Nophie : byahahahaha.. :)) kembung-kembung dah.. *ngakak guling-guling*. Met menjalankan ibadah puasa juga ya jeng.. (jika menjalankan)🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s