Community Gathering Radio A Jakarta


Tanggal 7 Desember 2011 yang lalu saya diundang oleh Radio A 96.7 FM Jakarta untuk hadir dalam Pakdeshow –  Community Gathering. Pakdeshow sendiri adalah nama salah satu program talkshow di Radio A 96.7 FM Jakarta. Acara dimulai pukul 18.00 di Black Cat Jazz & Blues Club, Plaza Arcadia Senayan.

Saya datang mewakili komunitas Indonesia Bercerita yang kebetulan waktu acara Socmedfest kemarin dikunjungi oleh Radio A Jakarta untuk sekedar ngobrol ringan di booth. Awalnya agak canggung juga karena ketika saya datang sepertinya acara sudah dimulai, dan saya sama sekali nggak ada yang kenal, kecuali teman saya Ade dan Patty Hutagalung, teman penyiar yang suka saya gangguin dengan request lagu dan obrolan nggak penting kalau sedang siaran. Selebihnya, nggak ada. Ada sih, beberapa sosok selebritis yang wajahnya cukup familiar, tapi ya tetep aja jatuhnya saya nggak kenal, kan? ;))

Sampai akhirnya teman saya, Ade, yang malam itu menjadi host mulai menyadari kehadiran saya, mulai memperkenalkan saya ke tamu-tamu undangan yang lain. Dengan wajah kikuk saya ‘say hi’ dan  tersenyum ke arah mereka. Ah, untung suasana kafe itu redup, jadi kalau tampang saya agak kucrut jadi nggak terlalu kelihatan, maklum pulang kantor, datang hanya berbekal high heels doang biar keliatan eksis tingginya! :))

Sempat agak heran juga karena kok yang hadir disana kok kebanyakan komunitas bola, ada Milanisti Indonesia, Indo Barca, Juventus Club Indonesia, Madridista Indonesia. Lha saya yang mewakili komunitas imut dan unyu ini kan ya agak jadi berasa salah kumpul komunitas, gitu. Yang lainnya komunitas bola, ya masa saya sendirian aja gitu dari komunitas pendongeng :-s. Seharusnya saya datang bersama rekan saya, Fiki Maulani, tapi dia jam segitu masih ada acara lain, jadilah dia datang menyusul agak malam setelah acara dia selesai. Tapi untunglah ternyata ada juga yang hadir mewakili dari komunitas film yang diwakili oleh Adilla Dimitri (suami Wulan Guritno), Komunitas Dog Does Disco yang diwakili oleh Amanda Sukasah (puteri Ghea panggabean), Yayasan Syair yang diwakili oleh Deasy Noviyanti, serta dari Jakarta Bergerak yang dimotori oleh Wanda Hamidah ternyata juga hadir dalam acara itu. Pffiuh… :D/

Malam itu kami bukan hanya dihibur oleh special performance dari Dhisa yang dikenal lewat lagu (galau) Cintaku Kamu, tapi juga ada pemutaran spesial trailer film Dilema The Movie yang baru pertama kalinya diputar khusus di acara itu. Bukan itu saja, kami juga dihibur oleh penampilan Mario Ricardo, Bemby Noor, dan juga Tengku Shafick. Mereka bertiga adalah pencipta lagu sekaligus komposer lagu-lagu hits di Indonesia, macam lagu-lagunya Afgan, Marcel Siahaan, dll. Malam itu mereka bukan hanya perform menyanyi saja, namun juga ternyata berani menerima tantangan untuk menciptakan lagu diatas panggung dalam waktu 5 menit saja dengan 3 kata yang diberikan oleh pengunjung secara spontan. Amanda Sukasah memberikan kata “dilema”, saya menyumbang kata “cinta”, dan Adilla Dimitri menyumbang kata “hidup”. Tak lama kemudian, taraaa… jadilah sebuah lagu easy listening dan super catchy! :-bd

Satu-persatu dari kami mulai memperkenalkan diri mewakili komunitas masing-masing. Tak disangka malam itu terjadi banyak engagement antar komunitas. Yang suka bikin film indie ternyata malam itu ketemu dengan sutradara dan movie maker, yang suka bikin lagu tapi belum ada kesempatan untuk merekam lagu-lagunya ternyata ketemu sama komposer beneran. Nah saya, kebetulan bertemu sama Deasy Noviyanti yang ternyata adalah salah satu aktivis di Yayasan Syair. Yayasan Syair ini adalah sebuah yayasan yang berusaha mengajak masyarakat agar lebih memahami tentang HIV dan AIDS, membina dan memberdayakan ODHA agar bisa hidup mandiri, dan membantu memperpanjang harapan hidup ODHA dengan harapan bisa menekan laju penyebaran HIV dan AIDS di Indonesia.

Kami saling bercerita tentang komunitas dan gerakan kami masing-masing. Deasy juga menuturkan bahwa di yayasan yang dibinanya itu ada banyak anak yang sudah terkena HIV adan AIDS karena orangtuanya. Rata-rata mereka dari kalangan kurang mampu. Salut dengan gerakan ini karena mereka ingin membuat bagaimana para ODHA itu kembali punya semangat hidup, dan tetap merasa hidupnya berguna bagi orang lain. Caranya dengan mengadakan pelatihan-pelatihan ketrampilan, penyuluhan kesehatan secara berkala, pengobatan dan konsultasi kesehatan secara cuma-cuma, dan kegiatan hiburan bagi anak-anak.

Di akhir perjumpaan Deasy ingin mengajak Indonesia Bercerita suatu hari nanti ikut memberikan hiburan bagi anak-anak penyandang HIV dan AIDS yang ada di Yayasan Syair berupa dongeng. Bagaimanapun mereka adalah anak-anak yang tetap butuh hiburan, dan butuh suntikan motivasi, dan dia merasa melalui media dongenglah pesan-pesan itu akan lebih mudah tersampaikan.

Selepas acara, sambil menunggu jemputan, sembari menahan AC yang super dingin itu, saya menyaksikan penampilan Idang Rasyidi yang malam itu tampil di Black Cat Jazz & Blues Club. Hmm, saya sebenernya suka musik Jazz (yang easy listening jazz terutama), tapi entahlah… malam itu saya mendadak bego aja gitu karena nonton sambil ngomel nggak jelas dalam hati.

“Ini intonasinya kemana? Ini nyanyi apaan, sih? Nyanyi apa kumur, Mbak? Kalau cuma nyanyi dubidadidam-dumdumdum doang sih aku juga bisa”

*BLETAK!* *dilempar mikropon*

Yah gitu deh, mungkin efek mata ngantuk dan badan capek kali, ya. Tapi overall saya puas dengan acara malam itu, karena bukan hanya dapat goodie bag yang isinya ok, dan sekedar kumpul-kumpul nggak jelas, tapi saya juga jadi punya ilmu dan teman baru. Oh ya, yang lebih penting lagi adalah, saya punya 10 tiket nonton bareng di Blitzmegaplex Grand Indonesia buat nonton rame-rame sekomunitas, dong! :D/ *kipas-kipas*

Terima kasih juga buat Radio A 96.7 FM yang sudah berkenan mengundang saya. Terima kasih juga untuk email “thank you regarding last night”-nya. How sweet you are, Guys!

Sampai ketemu lagi di event berikutnya (kalau masih diundang)! :-h

 

 

[devieriana]

sumber gambar : twitternya Pakdeshow  & koleksi pribadi

Community Gathering Radio A Jakarta

10 thoughts on “Community Gathering Radio A Jakarta

  1. @Mas Stein : Halah, ini sekedar memenuhi undangan, kok… :p

    @Haqqi: Nah.. anggap aja kemarin mewakili Bloggerngalam ;)). Kapan-kapan kalo ada undangan lagi deh, tak cangkingnya nama Bloggerngalam😉

    @bombom : Ya ini karena host-nya mantan host acara bola, jadi yang diundang mayoritas komunitas bola😀. Sempet minder karena kok nggak nyambung sendiri, ternyata ada temennya ;))

  2. @liliperry : hihihih, iya.. Temenku 1 lagi dapet tiket Garuda, PP, Jakarta-Denpasar-Jakarta. Ada juga yang dapet free ticket Jakarta-Singapore-Jakarta. Huwooo.., ngiri >;)
    Tapi mendafak inget juga kalo tiket Citilink-ku yang haratisan itu juga belum dipake sampe sekarang…😀
    Eh iya, sukses buatmu juga yaaa… :-*

  3. Terima kasih ya, Kakaaaak… dah mau dateng ke acara sederhana kami…hihihihi… jangan kapok ya kalau diundang lagi…😉 . Sukses terus untuk tulisan2mu… terutama di twitter…kicauan kamu bikin hariku kacau…hahahahhahaha (joking) :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s